Profil Konsumen Menengah
Pada saat luang saya mencoba untuk menyempatkan waktu untuk mewawancarai salah satu kenalan saya melalui video call untuk mencari tau kecenderungan dia sebagai konsumen. Dia adalah salah satu lulusan baru S1 perguruan tinggi negeri yang berada di Yogyakarta. Saat ini ia bekerja sebagai pengusaha konveksi sekaligus menjadi santri di salah satu Pondok Pesantren ternama di Yogyakarta. Berikut pertanyaan dan jawaban dari wawancara :
1. Bagaimana harapan dan
cita-cita?
Jawaban : Harapan
ingin membahagiakan orang tua selagi masih muda dan bercita-cita menjadi pengusaha
muda yang sukses di dunia dan akhirat.
2. Faktor penting dalam
kehidupan?
Jawaban : Yang
terpenting adalah keluarga khususnya orang tua, support dari sekitar, dan tidak
lupa dengan Allah SWT.
3. Persepsi hidup?
Jawaban : Bekerja
keras dengan mencoba segala hal dan diimbangin dengan doa
4. Norma dan nilai yang
dianut?
Jawaban : Yang pasti norma
atau nilai agama dan sesuai dengan nilai masyarakat.
5. Motivasi hidup?
Jawaban : Selalu bekerja
keras walaupun banyak halangan, percaya bahwa Allah dan orang-orang disekitar
kita mendukung untuk keberhasilan kita.
6. Pola manajemen aset?
Jawaban : Menabung
sebagian penghasilan untuk tabungan dan sedekah. Melakukan investasi baik untuk
alat produksi atau apapun itu untuk di kemudian hari.
Dilihat dari wawancara teman
saya, dia memiliki sifaf pekerja keras dan religious, selain dia mengejar
dunia, dia juga tidak lupa dengan ibadahnya. Ternyata semua sifat tersebut
terbentuk karena ia dididik orang tuanya untuk mandiri dari kecil, sejak kecil
ia sudah mulai masuk pesantren untuk belajar agama. Seperti pada harapan dan
cita-citanya, ia ingin membalas segala yang telah diberikan oleh orang tuanya
dengan menjadi pengusaha yang sukses.
Dia percaya bahwa doa orang tua
adalah factor penting agar dirinya bisa menjadi orang yang berhasil.
Dilingkungan pondok pesantrennya, dia juga mengajak teman-temannya untuk
membangun bisnis konveksinya bersama-sama, sehingga orang sekitarnya juga menjadi
salah satu factor penting dalam hidupnya.
Mengikuti aturan-aturan agama
adalah hal yang harus diterapkan bagi dia, menurut dia agama adalah salah satu
dasar untuk dalam bertindak dan berperilaku. Selain agama dia juga menjunjung
tinggi nilai-nilai norma masyarakat di mana tempat dia tinggal.
Dia merupakan orang yang pandai
dalam memanajemen uang, terlihat dari dia bisa mengatur keuangan di usahanya
baik dari biaya produksi, biaya bahan,
bagi hasil, dan pemasukan. Dia juga melakukan investasi untuk alat produksinya
seperti menambah alat print/cetak, agar bisa memproduksi dengan jumlah lebih
besar lagi. Dia selalu menyisihkan hasil usahanya untuk ditabung dan juga untuk
disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.
Jika dilihat dari jawaban
wawancara diatas, dapat saya simpulkan teman saya ini memiliki kecenderungan ke
karakter PERFORMER. Karena dapat dilihat dia adalah orang yang ambisius
dan pekerja keras untuk mencapai keinginannya, dia selalu belajar dari
pengalamannya untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan usaha yang dijalankannya
dia juga dapat mendongkrak ekonomi, khususnya di pondok pesantrennya, karena ia
juga mengajak teman santrinya untuk membangun usaha tersebut.
Produk yang cocok dengan
narasumber adalah sepatu Mobil Suzuki Ertiga. Mobil merupakan salah satu
investasi terbaik yang bisa digunakan untuk jangka Panjang dan mobil Ertiga
mempunyai ruangan yang cukup luas. Dengan mobil yang cukup luas dia dapat melakukan
banyak hal, mislanya untuk produksinya, untuk keluarganya, dan masih banyak lagi
manfaatnya.
Komentar
Posting Komentar