Profil Konsumen Menengah

Pada saat luang saya mencoba untuk menyempatkan waktu untuk mewawancarai salah satu kenalan saya melalui video call untuk mencari tau kecenderungan dia sebagai konsumen. Dia adalah salah satu lulusan baru S1 perguruan tinggi negeri yang berada di Yogyakarta. Saat ini ia bekerja sebagai pengusaha konveksi sekaligus menjadi santri di salah satu Pondok Pesantren ternama di Yogyakarta. Berikut pertanyaan dan jawaban dari wawancara :

1. Bagaimana harapan dan cita-cita? 

Jawaban : Harapan ingin membahagiakan orang tua selagi masih muda dan bercita-cita menjadi pengusaha muda yang sukses di dunia dan akhirat.

2. Faktor penting dalam kehidupan? 

Jawaban :  Yang terpenting adalah keluarga khususnya orang tua, support dari sekitar, dan tidak lupa dengan Allah SWT.

3. Persepsi hidup? 

Jawaban : Bekerja keras dengan mencoba segala hal dan diimbangin dengan doa

 4. Norma dan nilai yang dianut? 

Jawaban : Yang pasti norma atau nilai agama dan sesuai dengan nilai masyarakat.

5. Motivasi hidup? 

Jawaban : Selalu bekerja keras walaupun banyak halangan, percaya bahwa Allah dan orang-orang disekitar kita mendukung untuk keberhasilan kita.

 6. Pola manajemen aset?

 Jawaban : Menabung sebagian penghasilan untuk tabungan dan sedekah. Melakukan investasi baik untuk alat produksi atau apapun itu untuk di kemudian hari.

Dilihat dari wawancara teman saya, dia memiliki sifaf pekerja keras dan religious, selain dia mengejar dunia, dia juga tidak lupa dengan ibadahnya. Ternyata semua sifat tersebut terbentuk karena ia dididik orang tuanya untuk mandiri dari kecil, sejak kecil ia sudah mulai masuk pesantren untuk belajar agama. Seperti pada harapan dan cita-citanya, ia ingin membalas segala yang telah diberikan oleh orang tuanya dengan menjadi pengusaha yang sukses.

Dia percaya bahwa doa orang tua adalah factor penting agar dirinya bisa menjadi orang yang berhasil. Dilingkungan pondok pesantrennya, dia juga mengajak teman-temannya untuk membangun bisnis konveksinya bersama-sama, sehingga orang sekitarnya juga menjadi salah satu factor penting dalam hidupnya.

Mengikuti aturan-aturan agama adalah hal yang harus diterapkan bagi dia, menurut dia agama adalah salah satu dasar untuk dalam bertindak dan berperilaku. Selain agama dia juga menjunjung tinggi nilai-nilai norma masyarakat di mana tempat dia tinggal.

Dia merupakan orang yang pandai dalam memanajemen uang, terlihat dari dia bisa mengatur keuangan di usahanya baik dari biaya produksi,  biaya bahan, bagi hasil, dan pemasukan. Dia juga melakukan investasi untuk alat produksinya seperti menambah alat print/cetak, agar bisa memproduksi dengan jumlah lebih besar lagi. Dia selalu menyisihkan hasil usahanya untuk ditabung dan juga untuk disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Jika dilihat dari jawaban wawancara diatas, dapat saya simpulkan teman saya ini memiliki kecenderungan ke karakter PERFORMER. Karena dapat dilihat dia adalah orang yang ambisius dan pekerja keras untuk mencapai keinginannya, dia selalu belajar dari pengalamannya untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan usaha yang dijalankannya dia juga dapat mendongkrak ekonomi, khususnya di pondok pesantrennya, karena ia juga mengajak teman santrinya untuk membangun usaha tersebut.

Produk yang cocok dengan narasumber adalah sepatu Mobil Suzuki Ertiga. Mobil merupakan salah satu investasi terbaik yang bisa digunakan untuk jangka Panjang dan mobil Ertiga mempunyai ruangan yang cukup luas. Dengan mobil yang cukup luas dia dapat melakukan banyak hal, mislanya untuk produksinya, untuk keluarganya, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Riset Media Buying : Desa Wisata Nglaanggeran

Mengenal Komunikasi Profetik